Minggu, 08 Januari 2012

Mensos: Porsi Anggaran Kessos di APBD Perlu Ditingkatkan


Mensos (Foto: Matanews.com)

JAKARTA - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menegaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) perlu meningkatkan porsi anggaran kesejahteraan sosial dalam APBD. Hal itu disampaikan Salim dalam kunjungannya ke panti anak Al Amien, Pontianak, Kalimantan Barat.

Menurutnya, peningkatan porsi anggaran itu perlu dilakukan sebab masalah sosial bersifat kompleks dan tidak bisa serta merta hanya ditangani oleh Pemerintah Pusat.

"Anggaran Kemsos 2012 senilai Rp4,57 triliun, sebagian besar dikirim ke daerah untuk PKH, dana dekonstrasi dan tugas pembantuan. Jika masalah sosial dibiarkan akan mengganggu perkembangan ekonomi. Sebaliknya jika masalah sosial tertangani akan mendorong perekonomian dan stabilitas keamanan" ujar Salim, Sabtu (7/1/2012) malam.


"APBD Kalbar sekitar Rp2 triliun, ada Rp12 miliar untuk program kessos. Memang masih minim. Dari 179 panti sosial yang ada, hanya 3 yang dikelola pemda, pantai lain inisiatif masyarakat untuk tangani masalah anak dan lansia," terang Salim.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kalbar M. Zeet Hamdy, yang mendampingi Mensos menyatakan, bantuan yang telah diterima dari Kemsos yakni senilai Rp3,4 miliar untuk 137 panti (3.111 orang), dan masih terdapat 42 panti (1.260 orang) yang belum terbantu.

Kedatangan Mensos kali ini dalam rangka program pemberdayaan masyarakat di daerah perbatasan. Mensos sebelumnya bersama Menko Kesra, Menteri PU, Mendagri diwakili Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan dan Deputi Meneg PDT ke dusun Camar Bulan, dan dusun Temajuk, Sambas.

"Kemsos membantu rehabilitasi 100 RTLH (Rp1 miliar), bahan bangunan untuk 100 korban bencana (Rp1,5 miliar) dan KUBE untuk 10 kelompok (1.000 KK) senilai Rp2 miliar. Ini program terpadu untuk merespon aspirasi masyarakat. Kemsos sudah menentukan 50 kabupaten tertinggal yang jadi prioritas pembangunan kessos sampai 2014, antara lain daerah perbatasan," jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Kepada Pengunjung silahkan Meninggalkan jejak dengan komentar yang membangun. untuk kritik dan saran atau yang ingin mengirimkan berita/beritanya ingin ditampilkan diweb bisa kirim datanya via email par_kabmojokerto1426@yahoo.com terimakasih.

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Modification by InginBelajar31.com